RSS

ASAL USUL SEMELEKTE

Semelekete…….Begitu yang diucapkan Syamsul Gondo pemeran basyir dalam sinetron Misteri Gunung Merapi, dan itu pula yang nampaknya menjadi awal kata SEMELEKETE dikenal. Namun sayang ketika sebuah statiun televisi mewawancarai Syamsul Gondo dan menanyakan arti kata SEMELEKETE dia mengatakan tidak tau. Dalam tulisan ini mungkin mengungkap sedikit tentang asal dari kata SEMELEKETE.

Sekitar awal tahun 80-an di sebuah dusun bernama Depok Desa Jipang Kecamatan Karanglewas di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah ada sekelompok anak yang waktu itu masih duduk di bangku SD, mereka bernama Warikun, Darto, Dartono (kini sudah meninggal), Waridin, dan Solihun. SD jaman dulu apa lagi di desa yang namanya pelajaran bahasa Inggris sama sekali belum dikenal, paling hanya dengar lewa TV pas acara film. Sebagai anak desa yang masih duduk di bangku SD, bisa mengucapkan kata dalam bahasa inggris sudah merasa bangga.

Suatu sore, mereka berkumpul disebuah brug (jembatan kali kecil) di jalan desa, salah satu bahan cerita mereka adalah tentang film yang semalam mereka tonton. Ada sebuah kata yang mereka ingat yaitu SORI MEK (sesuai dengan ucapan mereka), pada saat itu pula ada anak kecil yang masih agak pelo lewat yang mereka tahu sedang dicari ibunya. Salah satu dari mereka memanggil anak itu. “Heh… mengko angger dikongkon biyungmu ora gelem ngomong sori mek ya… aja kelalen sori mek… apa sori mek” (heh.. nanti kalo disuruh ibumu kamu gak mau bilang sori mek ya.. jangan lupa sori mek… apa.. sori mek). Dan ketika anak kecil itu sampai di rumah kemudian disuruh sesuatu oleh ibunya, tetapi nampaknya anak itu tidak mau, kemudian dia mengatakan “SOME” (baca : some, bukan siomay). Dalam waktu singkat kata itu akhirnya oleh hampir semua anak-anak di Dusun Depok untuk menyatakan penolakan. Itulah awalnya terdengar kata “SOME”.

Beberapa bulan setelah kata some digunakan oleh masyarakat Dusun Depok, ketika sekelompok anak kecil sedang bermain di depan sebuah madrasah diniyah yang ada di dusun tersebut dan terjadi perselisihan, keluar pula kata some dalam adu mulut yang tak kunjung terjadi kata sepakat. Hingga seseorang anak mengatakan : “Some…some……SOMELEKETE…..” ternyata hal itu didengar Solihun, yang kemudian dia menceritakan kepada teman-teman dan menirukan kata itu. Dan akhirnya kata “SOMELEKETE” juga digunakan untuk menyatakan suatu penolakan tetapi bersifat agak lebih keras. Dalam perkembangannya kata ini sedikit mengalami perubahan yang menjadi “SEMELEKETE”. 

Selanjutnya, mungkin Syamsul Gondo pernah mendengar kata Somelekete itu tapi lupa dimana, sehingga saat syuthing secara spontan dia mengucapkan “SEMELEKETE”. Saat ini kata “some” dan “somelekete” masih digunakan di Dusun Depok khususnya dan Kabupaten Banyumas pada umumnya. Bahkan kata ini juga telah digunakan oleh sebagian masyarakat Purbaligga dan Cilacap.

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 25, 2011 in Macem-macem, Uncategorized

 

TINGKAH LAKU BAYI

Banyak sekali tingkah laku bayi-bayi, biasa mereka lucu-lucu dan menggemaskan.

Tapi kalo yang ini……………… entahlah, semua terserah aja. Gimana menurut anda ???

Lirikan si kecil

ape loe..... liat2 gue... keren yaa.... gheeeek

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada April 16, 2010 in Macem-macem

 

MASJID WALI

Di Indonesia banyak terdapat masjid-masjid tua yang tidak begitu dikenal, mungkin karena lokasinya yang jauh di daerah pedesaan. Salah satunya adalah Masjid Wali yang berada di Kabupaten Pati tepatnya di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo.

Masjid Wali

Keunikan dari masjid ini adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah persawahan, jauh dari perkampungan penduduk. Pada hari Jum’at masjid ini digunakan oleh masyarakat sekitar yang sedang bekerja di sawah maupun yang tinggal di desa terdekat untuk melaksanakan Shalat Jum’at.

Belum tahu pasti kapan masjid ini didirikan, namun menurut penuturan salah seorang pengurus Masjid Wali, masjid ini dirikan sebelum masjid Agung Demak berdiri. Konon masjid ini digunakan sebagai tempat pertemuan para wali untuk membahas perihal dakwah yang sifatnya rahasia.

Mimbar

Mimbar

tempat imam

tempat imam

 

Mungkin karena sedikitnya informasi yang melatar belakangi masjid ini dan lokasinya yang jauh dari kota kabupaten, sehingga masjid bersejarah ini kurang begitu dikenal oleh masyarakat, bahkan oleh masyarakat Kabupaten Pati sendiri.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 15, 2010 in Religi